Kamis, 04 Juni 2015

Materi Kuliah Agama Hindu, Buddha, Suku & Kebatinan



oleh: DR. Nisk Sedubun, M. Th

Agama dan Magi

1.       Pengertian
a.       Agama adalah sikap iman (percaya) manusia kepada hakekat tertinggi :
                                                   i.      Menaungi hidup
                                                 ii.      Kebergantungan
1.       Yang melahirkan sikap batin khusus
2.       Relasi khas
                                                iii.      Sifat percayanya permanen, abadi, kekal seumur hidup
b.       Magi adalah percaya kepada suatu peristiwa/kekuatan supranatural atau keajaiban
                                                   i.      Sifatnya darurat/sesaat
                                                 ii.      Bentuknya : bermacam-macam
2.       Jenis-Jenis Magi
a.       Magi putih (white magic), dipahami sebagai penolong dalam berbuat  baik
                                                   i.      Pele badan, atau penangkal bala,
                                                 ii.      Kekebalan,
                                                iii.      Perlindungan dari bahaya dan bencana
                                               iv.      Mantra keberhasilan
b.       Magi hitam (black magic), dipakai untuk menyusahkan orang
                                                   i.      Pakatang,
                                                 ii.      Doti
                                                iii.      Suanggi
3.       Hubungan Agama dan Magi
a.       Hubungan kooperativ,  
                                                   i.      Agama meyakini dan seakan dikuatkan oleh kekuatan magis
                                                 ii.      Contoh doa diikuti dengan shamanisme/okultisme/tukang berobat
b.       Hubungan konfrontatif,
                                                   i.      Agama melihat magi sebagai produk iblis, setan, kafir
                                                 ii.      Tidak Kristiani dan mutlak ditolak
c.       Hubungan kompetitv,
                                                   i.      Agama bersaing dengan magi untuk menyatakan kekuatannya
                                                 ii.      Contoh :
1.       Sasi Gereja dan sasi adat
2.       Doa di Gereja dan ritual adat
3.       Pustaka :
-          R. Soebagya, Agama dan Alam Kerohanian Asli di Indonesia, Cipta Loka Caraka, Jakarta 1979
-           
-          Harun Hadiwijono, Religi Suku Murba di Indonesia, BPK, Jakarta 2009
-                      ,,                  , Agama Hindu dan Budha, BPK, Jakarta 2010 

RITUAL INISIASI
Arti
-          Latin; initium: masuk ke dalam;
o   Tengelam
o   Masuk ke dalam
o   Diberi isi
§  Dibaptis/sidi
§  Sunat
§  Cukup rambut
§  Siram kaki
§  Didewasakan 
-          Artinya:
o   Diterima dalam komunitas
o   Menjadi bagian erat adat/hukum
Makna:
-          Simbolik,
o   Pendewasaan
§  Perkasa (laki-laki)
§  Dewasa (laki-laki & perempuan)
-          Isi/legal status
o   Diterima dalam komunitas
o   Dapat membenahi diri dengan tata Hukum yang ada.
Praktek
-          Ritual
o   Pemimpin upacara
o   Ajang
§  Diisolasi
§  Dipulihkan
§  Masuk upacara
o   Sarana upacara
§  Kain,
§  Lenso adat
§  Dupa
§  Hewan
§  Jimat
§  Sirih
§  Pinang
§  Koin

o   Bentuk Upacara
§  Dimandikan
§  Dipercik
§  Ditiup
§  Disumbur
§  Digosok darah
o   Pembaruan/penguatan
§  Penguatan komunitas
§  Pemaknaan komunitas
o   Lokasi/tempat ritual
§  Tanjung
§  Gunung
§  Sumur tua
§  Goa
§  Kampung lama
§  Batu pamali
§  Dll
-          Legal status
o   Ditahbiskan,
o   Dilantik
-          Media:
o   Air
o   Darah
o   Ukupan
Sanksi
-          Tidak penuhi
o   Penyebab bala
o   Pembawa duka
o   Sanksi  berat
§  Ekskomunikasi
§  Diusir dari komuniitas
-          Penuhi tanpa pembaruan
o   Diberi sanksi adat
§  Tidak boleh berpartisipasi dalam acara adat
·         Tidak diberkati oleh kepala adat
·         Dilarang ikut acara adat terkait

Inti INISIASI: PENGAKUAN STATUS


Konsep Ketuhanan

Konsep Ketuhanan
a.       Dualisme
1.       Pengertian. Faham yang meyakini bahwa alam semesta ini terdiri dari dua bagian :
a.       Atas – bawah
b.       Tinggi – rendah
c.       Darat – laut (Maluku)
d.       Laki2 – perempuan
e.       Dewa – dewi
f.        Langit – bumi
2.       Sifat
a.       Dua-duanya punya peran berbeda dan tidak bisa dipertemukan.
b.       Ilmu atau upaya memahaminya disebut kosmologi atau upaya mencari keseimbangan supaya jangan keduanya marah atau murka dan membawa petaka bagi manusia. Tanda-tanda salah satu dari dua bagian alam itu murka adalah terjadi bencana;
                                                               i.      Banjir
                                                             ii.      Kekeringan
                                                            iii.      Gunung meletus
                                                           iv.      Wabah penyakit
                                                             v.      Kematian
c.       Untuk itu dibuatlah ritual tertentu untuk mendapatkan keseimbangan, harmoni:
                                                               i.      Sesajen,
                                                             ii.      Pesta kebun baru,
                                                            iii.      Natsar adat
d.       Keseimbangan atau harmoni dilaksanakan dalam bentuk ritual, bukan untuk menyatukan. Tetapi untuk mempertemukan.
e.       Penghubungnya disebut :
                                                               i.      Tuan tanah, mauweng
                                                             ii.      Kepala adat
                                                            iii.      Leb (kepala adat Kei)   
b.       Ketuhanan menurut
1.       Agama Hindu
a.       Percaya kepada beberapa dewa
                                                               i.      Brahmana         (agama)
                                                             ii.      Wishnu             (kehidupan diberkati)
                                                            iii.      Siwa                 (hukuman)
b.       Melakukan persembahyangan dengan ritual khusus
c.       Patung, arca atau dewa-dewi adalah simbolisme figure atau tokoh yang dihormati
d.       Sifatnya :
                                                               i.      Polities (banyak dewa)
                                                             ii.      Artistic (indah, semarak)
                                                            iii.      Khusuk 
2.       Agama Budha
a.       Percaya kepada Budha
b.       Menjadi Bodisatwa, berusaha melakukan pengabdian sampai mencapainya
                                                               i.      Contoh pemeliharaan alam lebih berhasil di komunitas ini (Ker. Bhutan)
                                                             ii.      Sisi kelambatan penetrasi IPTEK.
c.       Melakukan persembahyangan dengan ritual khusus
d.       Sifatnya
                                                               i.      Artistic (indah, semarak)
                                                             ii.      Khusuk
3.       Agama Suku
a.       Percaya kepada benda-benda alam
                                                               i.      Langit
1.       Bulan,
2.       Bintang
3.       Matahari
4.       Mata angin
                                                             ii.      Bumi
1.       Pohon besar
2.       Batu besar/khas
3.       Kolam air
4.       Tanjung tertentu
                                                            iii.      Hewan 
1.       Ular
2.       Babi
3.       Kera
4.       Burung
b.       Persembahyangan dengan ritual khusus
c.       Sifatnya :
                                                               i.      Rahasia
1.       Di hutan
2.       Di gunung
3.       Pada malam
4.       Diikuti anggota komunitasnya saja (eksklusif
                                                             ii.      Terbuka
1.       Di muka umum
2.       Diikuti masyarakat
  





Keselamatan

Keselamatan menurut
A.      Agama Hindu
a.       Pendeta Hindu disebut Pandita
b.       Konsep Keselamatan dipahami dengan :
                                                               i.      Menaati Hukum dalam Kitab Suci Weda
1.       (wid=tahu)
2.       Weda adalah wahyu Dewa. Weda Samhita = pengumpulan Kitab Weda
3.       Berisi rumusan mantra-mantra
4.       Isi kepercayaan menurut kitab  Weda Samhita Ada 2 zat yang lebih tingi dari manusia
a.       Para Dewa
                                                                                                                                       i.      Dewa-dewa ini = penolong manusia
                                                                                                                                     ii.      Dewa-dewa langit
                                                                                                                                    iii.      Dewa-dewa bumi
b.       Roh-roh jahat terdiri dari dua golongan ;
                                                                                                                                       i.      Tinggi martabatnya
1.       Musuh para Dewa
                                                                                                                                     ii.      Roh-roh yang rendah martabatnya
5.       Manusia bisa melindungi diri dan melawan roh-roh jahat
a.       Dengan melaksanakan berbagai upacara/ritual
b.       Upacara-upacara itu tertuju kepada para Dewa
c.       Para dewa membantu manusia melawan roh jahat.
                                                                                                                                       i.      Supaya mendapat kemurahan dewa
                                                                                                                                     ii.      Terhindar permusuhan dengan roh jahat
                                                                                                                                    iii.      Memuja para leluhur
                                                             ii.      Manusia yang melanggar Weda
1.       Akan terkena Hukum Karma atau hukuman sumpahan berupa:
a.       Sakit, gagal, sampai mati
c.       Sifatnya : ditentukan (terjadwal).
d.       Inti : keselamatan berarti melaksanakan ritual kepada para Dewa

B.      Agama Budha
a.       Pendeta Budha disebut Biksu
b.       Konsep Pokok Ajaran Budha adalah Dharma atau Dhamma, yaitu 4 Kebenaran yang mulia = empat aryastyani, yaitu :
                                                               i.      Dukha = penderitaan. Hidup adalah (penuh dengan) derita
                                                             ii.      Samudaya = sebab. Penderitaan adalah sebab.
                                                            iii.      Nirodha = pemadaman/jalan kelepasan. Pemadaman/jalan kelepasan hidup yang sengsara terjadi lewat (pemadaman keinginan)
1.       Penghapusan keinginan secara sempurna
2.       Pembuangan keinginan itu
3.       Penyangkalan terhadapnya
4.       Pemisahan diri darinya
5.       Tidak memberi tempat kepadanya.
                                                           iv.      Marga = kelepasan. Ada 8 jalan pemadaman penderitaan/kelepasan.
1.       Percaya yang benar
2.       Maksud yang benar
3.       Kata-kata yang benar
4.       Perbuatan yang benar
5.       Hidup yang benar
6.       Usaha yang benar
7.       Ingatan yang benar
8.       Semadi yang benar
Catatan : 8 bagian ini terdiri dari 3 bagian besar, yaitu :
1.       Sraddha atau Iman, (1) percaya yang benar.  
2.       Sila (2-7), (2) maksud yang benar, (3) kata-kata yang benar, (4) perbuatan yang benar, (5) hidup yang benar, (6) usaha yang benar dan (7) ingatan yang benar.
3.       Semadi (8)
4.       Sraddha/iman atau percaya yang benar dan menyerahkan diri kepada dharma membawa manusia kepada kelepasan.
5.       Sila perlu dijalani untuk melaksanakan semadi.
c.       Sifat. Pokok ajaran Budha bahwa hidup adalah menderita.
                                                               i.      Karena derita itu Budha menjelma ke dunia.
                                                             ii.      Penderitaan disebabkan oleh kehausan (ada 12 pokok permulaannya)
                                                            iii.      Segala macam kerugian jasmani dan rohani adalah menderita.
                                                           iv.      Tidak ada kesenangan yang kekal
                                                             v.      Kesenangan itu sendiri adalah penderitaan, sebab
1.       Kesenangan itu berada di luar diri manusia
2.       Orang takut kehilangannya
d.       Inti : selamat berarti menjalani 4 Kebenaran yang mulia = empat aryastyani, yang berinti pada dukha, samudaya, nirodha dan marga.

C.     Agama Suku
a.       Penghubung agama suku
                                                               i.      Tuan tanah, mauweng, maueng, leb (kei)
                                                             ii.      Kepala adat
                                                            iii.      Raja.
b.       Konsep. Keselamatan dari murka roh leluhur diwakilkan dalam bentuk kuasa alam atas dan kuasa alam bawah atau kosmologi. Jadi, manusia harus :
                                                               i.      Menjaga keseimbangan di antara alam atas dan alam bawah
                                                             ii.      Menjaga harmoni
                                                            iii.      Upaya menjaganya dengan melakukan ritual
c.       Sifat.
                                                               i.      Ritual adalah inti menjaga keseimbangan menuju hidup yang selamat.
                                                             ii.      Mengikat. Artinya, kontinyu dan tertata.
d.       Inti. Penawaran murka adalah ingat ritus ritual.
Ambon, May 20, 2013

Ritual Kurban
A.     Pengertian
·         Ritus atau upacara adat adalah
o   Kelakuan
§  budi, dan
§  daya
o   Simbolis
§  Tanda-tanda benda:
·         batu,
·         kayu,
·         uang dll
·         Untuk memulihkan tata alam
o   Dualisme:
§  atas-bawah,
§  turun-naik,
§  darat-laut,
§  dewa-dewi
·         Untuk menempatkan manusia di dalamnya.

B.     Tujuan
·         Untuk menjaga keseimbangan alam
·         Memelihara kesucian negeri
·         Selamat dari berbagai bencana :
o   wabah penyakit,
o   Banjir,
o   Kekeringan,
o   Kematian dll

C.     Penghubung :
·         Tuan tanah/mauweng
·         Kepala adat
·         Raja
·         Leb (Kei)
D.     Wadah/Lokasi :
·         Pohon besar
·         Batu besar
·         Tanjung
·         Kolam air
E.      Materi simbolis
·         Tali      
·         Batu
·         Sirih
·         Pinang
·         Tembakau
·         Uang logam-koin
·         Darah hewan
F.      Kegiatan :
·         Yang punya kaul mendatangi Tuan tanah/kepala adat/Raja/leb menyampaikan maksud ritus kurban atau natsar adatnya
·         Tuan tanah/kepala adat/Raja/leb menerima dan menyampaikan syarat
o   Kesepakatan mahar
o   Kesepakatan lain
§  Tabu tertentu :
*      waktu,
*       makanan,
*      berpakaian, dll
·         Tuan tanah/kepala adat/Raja/leb menyampaikan ritus kurban atau natsar adat
o   Di lokasi awal
§  Rafal/mantra awal
§  Berjalan ke lokasi ritus korban
o   Di lokasi ritus korban
§  Rafal/mantra penyajian
§  Penyajian materi simbolis kurban
*      Di atas,
*      disisipkan di celah,
*      digantung
*      ditanam, dll
·         Dll
G.     Sifatnya rahasia
·         Waktu ;
o   Malam
o   Sunyi, dll
·         Tempat :
o   Tersembunyi
o   Sepi
o   Angker, dll
H.     Hubungannya dengan Agama
·         Hindu
o   Percaya kepada isi Kebenaran dalam kitab Weda
o   Ritual kepada
§ Dewa Brahma
§ Dewa Wisnu
§ Dewa Siwa
o   Maksud dan bahan tertentu
o   Ritual kepada Dewa
o   Hindari ancaman Roh Jahat
·         Budda
o   Laksanakan Dharma; empat kebenaran yang termulia
§ Dukha
§ Samudaya
§ Nirodha
§ Marga
·         Suku
o   Ritual dilaksanakan untuk
§ Menjaga harmoni atau keseimbangan alam
§ Penyucian negeri dari hal-hal buruk
§ Keselamatan manusia dalam negeri bersangkutan
o   Waktu
§ Kontinyu
§ Konsisten
§ khusuk


Doa dan Meditasi
Doa:
-          Hindu, Budda & Suku-K:
o   Ritual tertentu
o   Bahan tertentu
o   Bikhu dan Biksu, mauweng-tuan tanah
o   Rapal doa
-          Praktek Doa
o   Pembakaran dupa
§  Buddha, awal ritual
§  Hindu, situasional
§  Suku-K, jarang.
o   Pemberian sesajen, natsar adat
§  Variasi bahan
§  Tergantung maksud
o   Penciptaan suasana hening
§  Wajib convenience, persuade (meyakinkan)
§  Isolasi lingkungan
-          Manfaa Doa
o   Penyucian
o   Pencerahan diri
o   Pemujaan
o   Keselamatan pribadi dan umat
Meditasi:
-          Hindu
o   Situasional
o   Dituntun Bikhu
§  Pribadi
§  Umat
-          Budha
o   Wajib terstruktur
o   Klimaks Dharma dengan 4 Kewajiban
§  Dukha = penderitaan. Hidup adalah (penuh dengan) derita
§  Samudaya = sebab. Penderitaan adalah sebab.
§  Nirodha = pemadaman/jalan kelepasan. Pemadaman/jalan kelepasan hidup yang sengsara terjadi lewat (pemadaman keinginan)
§  Marga = kelepasan. Ada 8 jalan pemadaman penderitaan/kelepasan.
·         Semadi/semedi yang benar

-          Suku-K
o   Situasional




Tidak ada komentar:

Posting Komentar