Jumat, 30 Mei 2014

Bahan Kuliah Guru PAK; TM ke-2 s/d TM ke-12




SIKAP GEREJA TERHADAP AGAMA LAIN
TM Ke-2
Oleh: Pdt. DR. Nicodemus Sedubun

Beberapa sikap Gereja:
1.     Sikap eksklusif :
a.      Tertutup, istimesa
                                                  i.      Isolasi (pagar kuat, batas tegas & jelas):
o   Memisahkan diri,
o   Berkelompok sendiri,
o   Ingrouped 
                                                ii.      Non-kooperatif, sulit bekerjasama atau tidak mudah bekerjasama
b.      Cenderung triumphalistik
                                                  i.      Menang sendiri
                                                ii.      Benar sendiri, di luar sana tidak ada kebenaran
c.       Suspisios, kecurigaan:
                                                  i.      Penuh prasangka kepada orang lain
                                                ii.      Ragu-ragu dengan orang lain
d.      Identitas diri=identitas kelompok:
                                                  i.      Ukuran berkomunikasi
                                                ii.      Ukuran berinteraksi
                                              iii.      Ukuran sosialisasi

2.     Sikap inklusif (kebalikan dari sikap eksklusif)
a.      Terbuka
b.      Mau dan mudah bekerjasama
c.       Di luar sana ada kebenaran
d.      Identitas diri:
                                                  i.      Kokoh
                                                ii.      Teguh
                                              iii.      Identitas berarti ketika berinteraksi dan berkomunikasi ke luar

3.     Sikap pluralis
a.      Menghargai semua perbedaan di ingroup maupun outgroup
                                                  i.      Saya punya kebenaran, tetapi dia juga punya
                                                ii.      Perbedaan bukan konflik, tetapi mencari solusi
                                              iii.      Perbedaan adalah kekayaan karunia TUHAN
b.      Di semua kelompok ada kebenaran masing-masing
                                                  i.      Kebenaran adalah identitas pribadi dan kelompok
                                                ii.      Kebenaran berbuah dalam mewujudkan kebaikan bersama
c.       Identitas diri adalah kekuatan untuk berkomunikasi dan berinteraksi
May 24, 2014

------- nseb -------

MODEL-MODEL HUBUNGAN ANTARA AGAMA
TM ke-3
Oleh: Pdt. DR. Nicodemus Sedubun

Menurut Paul Knitter, ada 4 Model sikap agama Kristen terhadap agama lain:
1.      MODEL PENGGANTIAN;
a.      Hanya ada satu agama yg benar: Agama Kristen;
b.      Utk selamat orang harus menjadi Kristen

2.      MODEL PEMENUHAN:
a.      Agama yg lain mengandung kebenaran;
b.      Tetapi tidak memiliki keselamatan

3.      MODEL MUTUALISTIS/Pluralis;
a.      Semua agama Benar;
b.      Keselamatan dalam semua agama;
c.       Tidak mau bicara tentang hal-hal yang berbeda;
d.      Hanya mau bicara tentang hal-hal yang sama;
e.      Jangan bicara tentang Kristus;
f.        Tetapi bicara tentang Allah
g.      Jika sikap ini dipertahankan, akan muncul RELATIFISME agama
a.      Mengerdilkan iman Kristen
b.      Menyangkali kepercayaan di dalam keselamatan TUHAN bagi kita
c.       Menolak keselamatan di dalam pengorbanan TUHAN YESUS

4.      MODEL PENERIMAAN;
a.       
b.      Menekankan tentang perbedaan yang dimiliki agama-agama;
a.      Prinsip
b.      Praktek 
c.       Bahwa masing-masing agama memiliki perbedaan.
d.      Perbedaan itu tidak boleh dihilangkan
e.      Perbedaan adalah identitas tiap agama
May 26, 2014 

------- nseb -------

DIALOG ANTAR UMAT BERAGAMA
TATAP MUKA KE-4
Oleh: Pdt. DR. Nicodemus Sedubun

1.      Pengertian
Dia = dua, antar
Logos = pengetahuan, ilmu
Dua arah
Dialog =
-          Berbagi pengetahuan
-          Berbagi ilmu
-          Berbagi memecahkan masalah
-          Berbagi merumuskan maksud baik

2.      Sifat dialog
-          Posisi: 
o   S = S.
o   BUKAN  S ----- O atau O ------- S
o   Setara
o   Sama derajat
o   Sama proaktif
-          Tinggalkan kebenaran internal (sikap eksklusif)
-          Bangun sikap inklusif
-          Semua merasa puas, win win solution

3.      Bentuk-bentuk Dialog
-          Dialog formal
o   Ditentukan sebuah tema untuk didialogkan
o   Dibahas bersama
o   Hasilnya diterbitkan untuk kegunaan hidup bersama
o   Elitis (kalangan atas)
§  Terprogram dan selektif
·         Tata Protokoler
·         Punya biaya
·         Peserta ditentukan
§  Biasanya “pesanan” penguasa
§  Evaluasi dan tindak lanjut
-          Dialog informal
o   Mencakup segala bentuk interaksi hidup
§  Pergaulan
§  Kerjasama
§  Hubungan sosial
o   Tidak tematis.
o   Hasilnya:
§  Saling mengenal,
§  Hilang saling curiga,
§  Tumbuh penghargaan seorang terhadap yang lain
o   Merakyat
§  Apa adanya
§  Spontan
§  Relasional
§  Oleh orang kecil (merakyat, wong cilik)
o   Ia pembuka jalan bagi dialog formal

4.      Dialog budaya
-          Potensi nilai adat-budaya bagi dialog
o   Nilai adat budaya,
§  Konsep lisan
§  Simbol-simbol
·         Lisan
·         Tertulis
·         Gambar
·         Tanda  
o   Kearifan lokal :
§  Pela (Maluku Tengah)
§  Kai-wait (Buru)
§  Bela  (Aru)
§  Ain ni ain (Maluku Tenggara)
o   Sistem nilai lokal
§  Masohi
§  Badati
§  Maren
-          Sifatnya:
o   Relasional
o   Bebas pengaruh agama
o   Mudah difungsikan
-          Antar masyarakat, agama, kepentingan dari pendekatan nilai-nilai adat budaya lokal
May 28, 2014
---------- ns eb -------


AGAMA, KEKERASAN DAN PERDAMAIAN
Tatap Muka ke-5
REALITAS KONFLIK ANTAR AGAMA
Oleh: Pdt. DR. Nicodemus Sedubun, M. Th
A.     INTERNASIONAL:
1.      Darfur; Sudan Selaran-Sudan UJtara
·         Selatan-Islam
·         Utara-Kristen Protestan
                                                        i.            Batas Negara : minyak bumi
                                                      ii.            Penganutan agama
2.      Irlandia Utara (IRA)
·         Protestan-Katolik
                                                              i.      Fanatisme agama
                                                            ii.      Hak-hak sipil
                                                          iii.      Kawin
                                                           iv.      Pendidikan
3.Filipina: MNLF (Moro National Liberation Front)
·         Islam-Katolik
                                                              i.      Kemerdekaan
                                                            ii.      Hak hidup


ISU UTAMA INTERNASIONAL
1.      APA ITU HAK ASASI MANUSIA?
2.      APA PERAN LEMBAGA2 PENGHUBUNG/PENDAMAI?
3.      DI MANA ADA CAMPUR TANGAN TUHAN ?
4.      MC=ALAT TUHAN

 
 
    






B.      NASIONAL
ISLAM-ISLAM
1.      Ahmadiyah
·         Jawa Barat/Tanggerang
                                                              i.      Hak asasi, beribadah
                                                            ii.      Hak hidup dari negara
·         Mataram
                                                              i.      Hak asasi, beribadah
                                                            ii.      Hak hidup dari negara
2.Syiah
·         Sampang, Madura
                                                              i.      Hak asasi, beribadah
                                                            ii.      Hak hidup dari Negara
                                                          iii.      (campur tangan POLITISI)

ISLAM-PROTESTAN
GKI Yasmin, Jakarta
                                                              i.      Hak beribadah
                                                            ii.      (DILUPAKAN NEGARA)

C.LOKAL
1.      PROTESTAN-PROTESTAN
a.      Internal Protestan
                                                      ii.            Batas pelayanan
                                                    iii.            Perpindahan umat

2.      KATOLIK-PROTESTAN
Di Kei dan di Tanimbar
a.      Mix politis
b.      Batas pelayanan
c.       Perpindahan umat
                                                            ii.      Kawin
                                                          iii.      Ekskomunikasi
                                                           iv.      Kasus negatif lain.
3.      Islam-Kristen
Konflik Kemanusiaan AMBON 1999 – 2005/6
a.      Agama
b.      Birokrasi
c.       Politik
d.      Ekonomi
ISU UTAMA: Nasional-Regional/Lokal:
1.      APA ITU HAK ASASI MANUSIA ?
2.      APA PERAN LEMBAGA2 NEGARA/PENDAMAI ?
3.      DI MANA ADA CAMPUR TANGAN TUHAN ? MC=ALAT TUHAN

 
 

May 30, 2014
------- ns eb -------


Keselamatan
Tatap Muka ke-6
Oleh: Pdt. DR. Nicodemus Sedubun
Keselamatan menurut
A.      Agama Islam, melaksanakan Lima Ruklun Islam dan Enam Rukun Iman:
a.      Lima Rukun Islam itu ada lima yaitu :
1.      Syahadat;  bahwa “Tiada Tuhan kecuali Allah, dan Muhammad Rasul-Nya
2.      Sholat (sembahyang 5 waktu)
                                                                          i.      Isha
                                                                        ii.      Subuh
                                                                      iii.      Lohor
                                                                       iv.      Ashar
                                                                         v.      Maghrib  
3.      Zakat (memberikan sedekah),
4.      Puasa di bulan Ramadhan
                                                                          i.      Bulan suci
                                                                        ii.      Bulan penuh ampunan 
5.      Haji, bagi orang yg mampu
b.      Enam Rukun Iman;
1.      Beriman kepada Allah 
2.      Beriman kepada malaikat-malaikatnya Allah 
3.      Beriman kepada kitab-kitabNya
4.      Beriman kepada para Rasul Nya, 
5.      Beriman kepada hari akhir
6.      Beriman kepada takdir baik dan buruk dari Allah
B.      Agama Hindu
a.      Konsep Keselamatan dipahami dengan :
                                                              i.      Menaati Hukum dalam Kitab Suci Weda
1.      Weda dari kata wid=tahu
2.      Weda adalah wahyu Dewa. Weda Samhita = pengumpulan Kitab Weda
3.      Berisi rumusan mantra-mantra
4.      Isi kepercayaan menurut kitab  Weda Samhita Ada 2 zat yang lebih tingi dari manusia
a.      Para Dewa
                                                                                                                                      i.      Dewa-dewa ini = penolong manusia
                                                                                                                                    ii.      Dewa-dewa langit
                                                                                                                                  iii.      Dewa-dewa bumi
b.      Roh-roh jahat terdiri dari dua golongan ;
                                                                                                                                      i.      Tinggi martabatnya
-          Musuh para Dewa
                                                                                                                                    ii.      Roh-roh yang rendah martabatnya
5.      Manusia bisa melindungi diri dan melawan roh-roh jahat
a.      Dengan melaksanakan berbagai upacara/ritual
b.      Upacara-upacara itu tertuju kepada para Dewa
c.       Para dewa membantu manusia melawan roh jahat.
                                                                                                                                      i.      Supaya mendapat kemurahan dewa
                                                                                                                                    ii.      Terhindar peremusuhan dengan roh jahat
                                                                                                                                  iii.      Memuja para leluhur
                                                            ii.      Manusia yang melanggar Weda
1.      Akan terkena Hukum Karma atau hukuman sumpahan berupa ;
a.      Sakit,
b.      gagal,
c.       sampai mati
b.      Sifatnya : ditentukan (terjadwal).
c.       Inti : keselamatan berarti melaksanakan ritual kepada pada Dewa

C.      Agama Budha
a.      Konsep Pokok Ajaran Budha adalah Dharma atau Dhamma, yaitu 4 Kebenaran yang mulia = empat aryastyani, yaitu :
                                                              i.      Dukha = penderitaan. Hidup adalah (penuh dengan) derita
                                                            ii.      Samudaya = sebab. Penderitaan adalah sebab.
                                                          iii.      Nirodha = pemadaman/jalan kelepasan. Pemadaman/jalan kelepasan hidup yang sengsara terjadi lewat (pemadaman keinginan)
1.      Penghapusan keinginan secara sempurna
2.      Pembuangan keinginan itu
3.      Penyangkalan terhadapnya
4.      Pemisahan diri darinya
5.      Tidak memberi tempat kepadanya.
                                                           iv.      Marga = kelepasan. Ada 8 jalan pemadaman penderitaan/kelepasan.
1.      Percaya yang benar
2.      Maksud yang benar
3.      Kata-kata yang benar
4.      Perbuatan yang benar
5.      Hidup yang benar
6.      Usaha yang benar
7.      Ingatan yang benar
8.      Semadi yang benar
Catatan : 8 bagian ini terdiri dari 3 bagian besar, yaitu :
1.      Sraddha atau Iman, (1) percaya yang benar. 
2.      Sila (2-7), (2) maksud yang benar, (3) kata-kata yang benar, (4) perbuatan yang benar, (5) hidup yang benar, (6) usaha yang benar dan (7) ingatan yang benar.
3.      Semadi (8)
4.      Sraddha/iman atau percaya yang benar dan menyerahkan diri kepada dharma membawa manusia kepada kelepasan.
5.      Sila perlu dijalani untuk melaksanakan semadi.
b.      Sifat. Pokok ajaran Budha bahwa hidup adalah menderita.
                                                              i.      Karena derita itu Budha menjelma ke dunia.
                                                            ii.      Penderitaan disebabkan oleh kehausan (ada 12 pokok permulaannya)
                                                          iii.      Segala macam kerugian jasmani dan rohani adalah menderita.
                                                           iv.      Tidak ada kesenangan yang kekal
                                                             v.      Kesenangan itu sendiri adalah penderitaan, sebab
1.      Kesenangan itu berada di luar diri manusia
2.      Orang takut kehilangannya
c.       Inti : selamat berarti menjalani 4 Kebenaran yang mulia = empat aryastyani, yang berinti pada dukha, samudaya, nirodha dan marga berpuncak pada melakukan semedi (pertapaan).

D.     Agama Suku
a.      Penghubung agama suku
                                                              i.      Tuan tanah, mauweng, maweng, leb (Kei)
                                                            ii.      Kepala adat
                                                          iii.      Raja.
b.      Konsep Keselamatan dari murka roh leluhur diwakilkan dalam bentuk kuasa alam atas dan kuasa alam bawah. Jadi, manusia harus :
                                                              i.      Menjaga keseimbangan di antara alam atas dan alam bawah
                                                            ii.      Menjaga harmoni
                                                          iii.      Upaya menjaganya dengan melakukan ritual tertentu
c.       Sifat.
                                                              i.      Ritual adalah inti menjaga keseimbangan menuju hidup yang selamat.
                                                            ii.      Mengikat. Artinya, kontinyu dan tertata.
d.      Inti. Penawar murka rojh leluhur adalah ingat lakukan ritus ritual.
Ambon, May 31, 2014
------- nseb -------




Ain ni ain, “pandangan Teologi” Orang Kei di Maluku Tenggara
Tatap Muka ke- 10
 Oleh: Pdt. DR. Nicodemus Sedubun
Kearifan Lokal
-          Ain ni ain
o   Uraian:
§  ain = satu
§  ni = punya
§  ain = satu
·         Harafiah : satu punya satu
·         Makna: saling memiliki
o   Bukan sosialis, contoh: isteri, suami
o   Tetapi relasional
o   Selengkapnya: ain ni ain, vuut ain mehe ngifun, manut ain mehe tilor
§  ain ni ain = satu punya satu
§  vuut ain mehe ngifun = ikan punya telur
§  manut ain mehe tilor = unggas/burung punya telur
o   Artinya:
§  Semua orang Kei adalah orang basudara
§  Yang berasal dari satu sumber:
·         Telur ikan/unggas (burung-ayam)
-          Ikatan keluarga
o   Berasal dari satu sumber terlihat dalam
§  Satu fam beda agama:
·         Fam Sedubun
o   Islam
o   Protestan
o   Katolik 
§  Partisipasi memberi yelim di acara-acara adat dan bersama
·         Kerabat dekat memberi tanggungan utama
·         Anggota masyarakat memberi sesuai kesediaan
-          Kasta: (selain di Kei, ada juga kasta di pulaui Kisar, pulau Romang, Geser)
o   Pembagian/tingkatan:
§  Atas,    mel-mel
§  Tengah, ren-ren
§  Bawah, iriri     
o   Dilarang kawin lintas kasta
o   Ada priviledge, bagi kasta atas
-          Falsafah orang basudara
o   Hidup orang basudara berasal dari satu sumber

Ain ni ain sebagai pandangan Teologi:
-          Pertanyaan:
o   Di mana dalam makna ain ni ain anda melihat karya TUHAN?
o   Karya itu menolong manusia pemiliknya?
o   Karya itu memberi nilai kebaikan apa?
June 4, 2014
 ------- nseb -------

Bela, “Pandangan Teologi” orang Aru
Tatap Muka ke- 11
 Oleh: Pdt. DR. Nicodemus Sedubun
Asal usul penduduk dan penyebarannya
-          Nama Aru sering disebut dengan arti pulau-pulau di antara laut atau pulau-pulau dibatasi air
-          Asal-usul dan pengelompokan penduduk:
o   Penduduk berasal dari pulau Enu atau pulau karang di sebelah selatan
o   Pengelompokan masyarakat terdiri dari ikatan persekutuan;
§  Ursia
·         Ursia ngom-ngom desa-desa Islam
o   Samang
o   Udjir dan beberapa desa Islam di Aru Utara
·         Ursia kada-kada, 4 desa Protestan di belakang tanah;
o   Warjukur
o   Warloi
o   Koijabi
o   Balatan
·         Meliputi sebagian besar Aru Tengah danAru Utara
§  Urlima
·         Meliputi seluruh Aru Selatan, pulau Trangan

Ada beberapa kaarifan lokal di Aru
-          Bela atau abela
o   Arti dan wilayah pemakaian:
§  Saudaraku
§  Dipakai di hampir seluruh Aru
o   Konon bela berasal atau punya kaitan dengan belang
§  Belang adalah alat transportasi antar pulau di Aru
·         Ada belang adat
o   Bagian depan wilayah/peran keluarga tertentu
§  Haluan
·         Pengawas/pengintai
*      Musuh
*      Cuaca
*      Kondisi laut/darat
o   Bagian tengah
§  Mengawasi air genangan dalam belang
·         Timba ruang (timba air genangan)
§  Pemberi semangat pendayung
o   Bagian belakang
§  Buritan
·         Kemudi
·         Ada belang keluarga/pribadi
-          Tarpei
o   Dipakai di wilayah terbatas
 
-          Jabu
o   Dipakai untuk saling menyapa di antara masyarakat pribumi penganut Islam dan Kristen
§  Masyarakat desa Islam akan menyapa orang Kristen, jabu.
§  Dan sebaliknya

Bela sebagai pandangan Teologi orang Aru:
-          Pertanyaan:
o   Di mana dalam makna bela anda melihat karya TUHAN?
o   Karya itu menolong manusia pemiliknya?
o   Karya itu memberi nilai kebaikan apa?
 -------nseb-------

Teologi Hidup Orang Basudara bagi hubungan Kristen-Islam di Maluku
Tatap Muka ke-12
Oleh Pdt. DR. Nicodemus Sedubun, M. Th
Konsep HIDUP ORANG BASUDARA
-          Pela, Maluku Tengah                                       - Kai-wait, Buru, Hubungan hidup adik-kakak, ipar-konyado
o   Perlindungan                                                    
o   Tolong-menolong                            - Ain ni ain, Kei, berarti hidup berasal dari satu sumber
o   Kasih mengasihi
-          Bela, Aru, berarti hidup saudara                     - Kidabela, Tanimbar, berarti hidup saudara
Infentarisasi Nilai Hidup Orang Basudara:
-          Perlindungan                             -  Hubungan hidup adik-kakak, ipar-konyado
-          Tolong-menolong                    -  Hidup berasal dari satu sumber
-          Kasih mengasihi                        -  Hidup saudara

Apa itu TEOLOGI?
-          Pengertian
o   Arti :
§  Teo, theo = Tuhan
§  Logos = ilmu, pengetahuan, Firman
o   Formulasi;
§  Teo + Logos = Teologi =
·         Ilmu pengetahuan tentang kehendak ALLAH
·         Arti sederhana, manusia:
1.       Mencari                            ]   
2.       Menemukan                      ] KEHENDAK TUHAN ALLAH
3.       Memiliki                           ]
4.       Memberlakukan                ]
·         Kehendak TUHAN ALLAH berpusat di dalam FIRMAN-NYA
·         Temukan: Apakah kandungan nilai-nilai kearifan lokal seperti yang ada dalam adat-budaya kita mencerminkan Kehendak TUHAN ALLAH bagi hubungan di antara sesama kita manusia?
Ω. Perlindungan             Ω. Hidup adik-kakak, ipar-konyado
Ω. Tolong-menolong      Ω. Berasal dari satu sumber
Ω. Kasih mengasihi        Saudara
-          Hakekat Teologi;
o   Keselamatan manusia
o   Hidup dalam relasi dengan TUHAN ALLAH
o   Firman TUHAN berupa kata-kata menjadi kalimat, HARUS diaktualisasikan/dilaksanakan
-          Tugas Misioner;
o   Memberlakukan CATUR PANGGILAN GPM
§  Koinoia
§  Marturia
§  Diakonia
§  Ekonomia
o   Menjadi saksi TUHAN sampai IA datang kembali.
June 5, 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar